5K DV Charity Run

tfi

Nama    : Linando Saputra
NIM      : 2001559103
Jurusan : Teknik Informatika

DV Run merupakan acara marathon sejauh 5km yang diselenggarakan oleh salah satu UKM binus yaitu KMBD. acara marathon ini merupakan sebuah charity run yang bertujuan untuk mendukung hak perlindungan dan pendidikan anak.

Kegiatan yang diadakan  4 Desember 2016 di Tampan Impian Jaya Ancol ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa binus untuk ambil bagian dalam mewujudkan hak perlindungan dan pendidikan. Karena hal inilah aku jadi tertarik untuk mengikuti kegiatan ini.

Di awal acara para peserta lari diajak untuk melakukan pemanasan bersama-sama. Aku sendiri  tidak melakukan pemanasan karena sebelum sampai di ancol aku sudah banyak lari-lari di kos mengambil barang yang ketinggalan.  Sehabis pemanasan para peserta lari berkumpul di garis start. Di km pertama para peserta tampak masih segar dan bersemangat. Ada juga yang saking semangatnya langsung berlari.

20161204_3328
Aku dan teman-temanku sesaat sebelum acara dimulai

Yang paling kuingat adalah saat berlari di jembatan di dekat pantai. Bau lautnya benar-benar tercium, berbeda dengan bau yang biasa aku hirup di tengah-tengah kota. Di sana banyak kapal-kapal nelayan yang menjejerkan hasil ikan tangkapan mereka.

Sesaat sebelum garis finish aku mulau kelelahan. Sangat kelelahan. Tapi melihat garis finish yang sudah di depan mata, aku mengumpulkan segala tenaga yang tersisa untuk melakukan sprint hingga garis finish. Setelah melewati garis finish aku dikejutkan dengan pembagian medali yang dilakukan oleh anak-anak. Aku merendahkan kaki dan salah satu dari anak-anak itu mengalungkanku sebuah medali tanda aku telah berhasil menyelesaikan marathon 5km.

20161204_1437
Aku dan teman-temanku setelah menyelesaikan lari 5km

Banyak pelajaran yang dapat di ambil dari kegiatan ini, seperti melatih disiplin waktu, kepedulian terhadap lingkungan, dll. Tapi pelajaran yang paling aku ukir dalam hati adalah kerja keras. Marathon 5km ini awalnya terasa enteng, tetapi saat memasuki km ke 2 kaki mulai terasa letih. Terbesit dalam pikiran untuk mengambil jalan pintas atau berhenti. Walau begitu, aku terus berlari hingga ke garis finish. Pada saat itulah aku baru sadar buah dari kerja keras itu manis.

Motivasi yang  dapat diberikan berupa partisipasi kita dalam acara-acara yang diselenggarakan oleh teman-teman anak jalanan atau para aktivis sosial peduli anak jalanan. Selain itu, kita juga harus aktif dalam menggalangkan aksi peduli anak jalanan, karena mereka adalah calon penerus bangsa kelak.

Sudah tidak asing bagi kita mendengar kata anak jalanan, terutama di Indonesia. Anak-anak ini tidak menghabiskan waktu di sekolah seperti anak pada umumnya. mereka justru sibuk mencari nafkah di jalanan. Untuk itulah perlu ada perhatian dari masyarakat, perlu ada bantuan dari masyarakat. Bantuan sekecil apapun sangat berharga bagi mereka. Bisa juga masyarakat memberikan pengajaran gratis kepada anak-anak jalanan.

Sekian blog saya tentang 5K DV Charity Run. Semoga rasa peduli kita terhadap sesama terus bertumbuh, terutama bagi anak-anak jalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *